Menjalankan Modem CDMA Prolink P2000 di Linux

Kali ini saya ingin share info aja. Sebelumnya saya mengunakan modem GSM HSDPA Huawei E220 untuk internet-an di Windows maupun Linux (distro yg dipake Ubuntu 10.04 & Mandriva 2010.1 Spring) dan tidak ada kendala dalam instalasi maupun penggunaan, semua dah plug ‘n play. Namun kendalanya hanya satu, jaringan GSM-nya kurang maksimal. Akhirnya saya coba trial jaringan CDMA pake modem ZTE, ternyata cukup stabil pake Flexi dan modemnya pun plug ‘n play.

Dari hasil trial akhirnya memutuskan untuk pake CDMA dengan modem Prolink P2000 (selisih harga dgn ZTE cukup jauh), namun permasalahan muncul saat digunakan pada OS Linux yang saya pake. Setelah di-utak atik dengan referensi yang ada di internet untuk mendeteksi keberadaan modem ternyata masalahnya belum terpecahkan, dimana modem hanya terbaca sebagai storage CDROM. Akhirnya secara tidak sengaja, setelah saya pake modem di Windows kemudian restart dan login di Ubuntu (posisi modem masih tertancap di laptop) ternyata modem secara ostomastis langsung terdeteksi dan berjalan normal begitupun di Mandriva. Namun cara seperti ini rasanya kurang efisien, oleh karena itu saya masih berharap ada cara lain yang lebih praktis. ;-P

Share infonya ya…

Posted in Gadgets, Networking, Technology
2 comments on “Menjalankan Modem CDMA Prolink P2000 di Linux
  1. uno says:

    nice shared gan,membantu banget..semoga bermanfaat buat yang lainnya juga

Leave a Reply

